Prabawati, Putu Lely Somya (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS 4 SD GUGUS TUANKU IMAM BONJOL. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329041018-COVER.pdf Download (364kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329041018_ABSTRAK.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329041018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329041018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329041018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (547kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329041018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329041018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329041018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329041018-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) terhadap partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Gugus Tuanku Imam Bonjol. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain post-test only control group design. Sampel terdiri dari 59 siswa yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar menggunakan model TGT memiliki tingkat partisipasi dan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. Kesimpulan penelitian ini menyarankan penerapan model TGT dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan efektivitas belajar. Hasil analisis MANOVA pada penelitian ini menunjukkan penelitian menunjukkan: (1) menunjukkan bahwa Statistik F keseluruhan adalah 0,999 dan nilai sig sebesar 0,000. Karena nilai tersebut < 0,05, maka hal ini menunjukkan bahwa perlakuan Media Pembelajaran mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar; (2) Nilai sig pada Hasil Belajar sebesar 0,000, karena nilai sig < 0,05 maka H0 ditolak sehingga diartikan terdapat perbedaan Hasil Belajar yang bermakna (signifikan) berdasarkan kelompok perlakuan Model Pembelajaran TGT; (3) Nilai sig pada Partisipasi Belajar sebesar 0.000, karena nilai sig < 0,05 maka H0 ditolak sehingga diartikan terdapat perbedaan Partisipasi Belajar yang bermakna (signifikan) berdasarkan kelompok perlakuan Model Pembelajaran TGT.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model PembelajaranTeam Games Tournament (TGT, Partisipasi Belajar, Hasil Belajar IPAS, Siswa Sekolah Dasar (SD). |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Putu Lely Somya Prabawati |
Date Deposited: | 15 Feb 2025 11:57 |
Last Modified: | 15 Feb 2025 11:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23370 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |