Ogi Oktaviana, Kadek (2025) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN TEORI KONSELING PERILAKU TEKNIK PENGUATAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2011011044-COVER.pdf Download (699kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2011011044-ABSTRAK.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2011011044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2011011044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2011011044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 PEMBAHASAN)
2011011044-BAB 4 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (634kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2011011044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2011011044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2011011044-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah buku panduan konseling berbasis teknik pengkondisian aversi guna meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Singaraja. Motivasi belajar siswa sangat penting dalam proses pendidikan, dan seringkali menjadi faktor penentu keberhasilan akademik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate), yang terdiri dari lima tahapan sistematis: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap analisis, dilakukan kajian terhadap karakteristik peserta didik, kebutuhan, dan media yang digunakan. Buku panduan yang dikembangkan mencakup teknik konseling Perilaku dengan fokus pada pengkondisian aversi, yang bertujuan mengubah perilaku negatif siswa menjadi lebih positif untuk meningkatkan motivasi belajar mereka. Validasi buku panduan dilakukan oleh ahli materi dan media, dengan hasil menunjukkan bahwa produk ini valid dan layak digunakan. Uji coba di lapangan yang melibatkan 33 siswa menunjukkan peningkatan signifikan dalam motivasi belajar, dengan rata-rata skor pretest yang meningkat dari 71,9 menjadi 92,4 pada posttest. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa buku panduan ini praktis, efektif, dan dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, buku panduan konseling berbasis pengkondisian aversi ini dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Singaraja
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling behavioral, Motivasi belajar, Teknik Penguatan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Kadek Ogi Oktaviana |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 01:26 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 01:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23381 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |