Investigasi Terminologi IPA Kelas IV SD Untuk Mewujudkan Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Tunarungu

Suparmi, Made (2025) Investigasi Terminologi IPA Kelas IV SD Untuk Mewujudkan Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Tunarungu. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031083_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031083-ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031083-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (239kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031083-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031083-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031083-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031083-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031083-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031083-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi terminologi-terminologi IPA yang muncul pada materi IPA kelas IV SD dan mendeskripsikan persentase kemunculan terminologi-terminologi IPA pada keseluruhan materi IPA kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini menggunakan 120 sumber materi IPA kelas IV SD. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode studi dokumen dan observasi terstruktur. Teknik analisis data menggunakan metode analisis korpus melalui Voyant Tools. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terminologi-terminologi yang sering muncul pada materi IPA kelas IV SD sebanyak 506 terminologi (338 kata dan 168 frasa). Terminologi tersebut diantaranya, kata “Air”, “Daun”, “Energi”, “Fotosintesis”, “Gaya”, “Listrik”, dan “Zat”. Pada frasa diantaranya, “Akar Tumbuhan”, “Kelopak Mata”, “Makhluk Hidup”, “Perubahan Wujud Benda”, “Rangka Tulang”, “Sumber Energi”, dan “Zat Cair”. Untuk terminologi kata secara umum, rentang persentase kemunculan berkisar antara 0.01% sampai 1.03%. Untuk terminologi frasa secara umum, rentang persentase kemunculan berkisar antara 0.01% sampai 1.84%. Seluruh temuan terminologi telah divalidasi oleh dosen IPA dan telah berkolaborasi dengan GPK dan guru kelas IV untuk mengidentifikasi terminologi yang sering digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, penelitian tentang terminologi IPA dalam bahasa isyarat perlu ditindaklanjuti dengan penelitian selanjutnya yang relevan untuk mewujudkan pendidikan IPA yang inklusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Terminologi IPA, Siswa Tunarungu, Pendidikan Inklusif
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Made Suparmi
Date Deposited: 17 Feb 2025 23:53
Last Modified: 17 Feb 2025 23:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23396

Actions (login required)

View Item View Item