PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS PEMBELAJARAN METAKOGNITIF BERBANTUAN PODCAST UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING DAN LISTENING SISWA

Aryadnyani, Putu Vina (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS PEMBELAJARAN METAKOGNITIF BERBANTUAN PODCAST UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING DAN LISTENING SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031135-COVER.pdf

Download (478kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031135-ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031135-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031135-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031135-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031135-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031135-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031135-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031135-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Development, Design, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan yang berkaitan dengan kemampuan dalam berbahasa Inggris pada siswa sekolah dasar. Terdapat empat sekolah yang diobservasi pada tahap awal, dan semua sekolah tengah mengalami permasalahan yang sama, yakni berkaitan dengan kemampuan speaking dan listening siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Mayong pada siswa kelas V (lima) yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan kuisioner. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Terdapat empat tujuan dalam penelitian ini, yakni: (1) Menghasilkan media audio visual berbasis pembelajaran metakognitif berbantuan podcast, (2) Menganalisis validitas isi media audio visual berbasis pembelajaran metakognitif berbantuan podcast, (3) Menganalisis efektifitas media audio visual berbasis pembelajaran metakognitif berbantuan podcast, dan (4) Menganalisis kepraktisan media audio visual berbasis pembelajaran metakognitif berbantuan podcast. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, hasil analisis kepraktisan media audio visual berbasis pembelajaran metakognitif berbantuan podcast ini menunjukkan kualifikasi baik dengan pencapaian sebesar 88, 43%. Selain itu indeks validitas media sebesar 0,875 dengan kualifikasi tinggi, materi pada isi media audio visual berbasis pembelajaran metakognitif berbantuan podcast berada pada kualifikasi tinggi, sebesar 0,858. Berdasarkan hasil di atas, maka penelitian pengembangan media audio visual berbasis pembelajaran metakognitif berbantuan podcast ini dinyatakan valid dan dapat membantu meningkatkan kemampuan speaking dan listening siswa sekolah dasar pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas V (lima).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Podcast, Media Audio Visual.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Putu Vina Aryadnyani
Date Deposited: 18 Feb 2025 06:51
Last Modified: 18 Feb 2025 06:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23408

Actions (login required)

View Item View Item