PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DALAM PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS CLASSPOINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI G SMA NEGERI 4 SINGARAJA

Ananda, Putu Paundra (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DALAM PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS CLASSPOINT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI G SMA NEGERI 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2114041003-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2114041003-ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2114041003-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2114041003-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
2114041003-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114041005-BAB IV HASIL DAN PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2114041003-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114041003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2114041003-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan yang berorientasi pada perkembangan teknologi merupakan langkah strategis dalam membentuk generasi muda yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk merangsang peningkatan motivasi serta habsil belajar peserta didik kelas XI G SMA Negeri 4 Singaraja melalui implementasi Model Pembelajaran Explicit Instruction berbasis Classpoint dalam ranah Pendidikan Pancasila. Metodologi yang diterapkan dalam penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas (PTK) yang diselenggarakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus mencakup tahapan perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian meliputi seluruh peserta didik kelas XI G SMA Negeri 4 Singaraja pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025, yang berjumlah 30 siswa, terdiri atas 13 siswa dan 17 siswa. Teknik pengumpulan data mengenai motivasi belajar dilakukan melalui instrumen angket/kuesioner, sementara data terkait hasil belajar dihimpun menggunakan tes evaluatif dalam bentuk soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian mengungkap bahwa penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction berbasis Classpoint dalam Pendidikan Pancasila berkontribusi pada peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Pada siklus I, nilai rata-rata motivasi belajar siswa mencapai 119,3, yang diklasifikasikan dalam kategori sedang, sedangkan pada siklus II, rata-rata meningkat menjadi 144,4, masuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, terjadi peningkatan motivasi belajar sebesar 21,04% antara kedua siklus. Sementara itu, evaluasi hasil belajar menunjukkan bahwa pada siklus I, nilai rata-rata siswa adalah 64,2, dengan ketuntasan klasikal 67%, tergolong dalam kategori cukup. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 79,3, dengan ketuntasan klasikal mencapai 83%, masuk kategori baik. Dengan demikian, hasil belajar mengalami kenaikan sebesar 15,1% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan penelitian terkait penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction berbasis Classpoint dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI G SMA Negeri 4 Singaraja mengalami peningkatan baik dari segi motivasi belajar siswa maupun hasil belajar siswa. Kata Kunci: Explicit Instruction, Classpoint, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Explicit Instruction, Classpoint, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: Putu Paundra Ananda
Date Deposited: 18 Feb 2025 08:31
Last Modified: 18 Feb 2025 08:31
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23440

Actions (login required)

View Item View Item