I Putu, Suardipa (2025) Pengembangan Learning Management System Berorientasi Kearifan Lokal pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Literasi Numerasi dan Literasi Digital pada Siswa SD. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2139031015-COVER.pdf Download (866kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2139031015-ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139031015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139031015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (950kB) |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139031015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (573kB) |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139031015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2139031015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139031015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2139031015-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media learning management system berorientasi kearifan lokal pada pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi numerasi dan literasi digital siswa kelas V sekolah dasar. Pengembangan bahan media LMS berorientasi kearifan lokal ini menggunakan model Borg & Gall yang melibatkan 3 orang ahli materi, 3 Ahli media, 118 orang siswa kelas V Gugus I dan II Kecamatan Buleleng dan 4 orang guru SD kelas V Gugus I dan II Kecamatan Buleleng. Uji validitas dianalisis menggunakan formula Lawshe, analisis data uji kepraktisan menggunakan Penilaian Acuan Patokan (PAP), dan Analisis keefektifan dengan menggunakan rumus ketuntasan klasikal berdasarkan nilai KKM untuk kedua aspek. Hasil penelitian menunjukkan (1) Karakteristik LMS berorientasi kearifan lokal pada Pembelajaran matematika siswa kelas V sekolah dasar sebagai berikut: a) LMS berorientasi kearifan lokal disajikan dengan menggabungkan konsep matematika dengan orientasi kearifan lokal, b) disajikan dalam bentuk rangkaian manajemen pembelajaran dengan tahapan level kognitif literasi numerasi (knowing, applying, dan reasoning) sehingga siswa dapat menguasai materi secara berjenjang untuk melatih kemampuan analisis, interpretasi, dan pengambilan simpulan siswa. c) Permasalahan dalam LMS berorientasi kearifan lokal ini berupa permasalahan matematika sehari-hari untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. d) LMS berorientasi kearifan lokal disajikan dengan e-learning yang berisikan muatan game digital dan terdapat fitur audio visual yang interaktif untuk lebih mudah melatih kemampuan ICT skill, partisipasi di ruang digital, mencari dan menganalisis informasi, mengeksploasi ide, membangun kreatifitas serta berkolaborasi melalui teknologi digital sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasi digital siswa. (2) hasil validasi pada aspek media dan aspek materi berada pada kategori valid. (3) hasil kepraktisan berada pada kategori sangat praktis. (4) efektivitas media LMS berorientasi kearifan lokal pada pembelajaran matematika dalam upaya meningkatkan literasi numerasi dan literasi digital siswa kelas V sekolah dasar berada pada kategori efektivitas tinggi
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Management System, kearifan lokal, literasi numerasi, literasi digital. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | I Putu Suardipa |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 04:36 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 04:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23480 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |