Dewi, Made Shinta Wesiana (2025) Deskripsi Proses Pembelajaran IPA bagi Siswa Tunarungu di SD Inklusi Negeri 2 Bengkala. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2111031295-COVER)
2111031295-COVER.pdf Download (892kB) |
![]() |
Text (2111031295-ABSTRAK)
2111031295-ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text (2111031295-BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031295-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (164kB) |
![]() |
Text (2111031295-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031295-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2111031295-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
2111031295-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2111031295-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031295-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2111031295-BAB 5 PENUTUP)
2111031295-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2111031295-DAFTAR PUSTAKA)
2111031295-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text (2111031295-LAMPIRAN)
2111031295-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran IPA pada sekolah inklusi, membahas tantangan utama, dan strategi pengajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran IPA dalam mendukung pembelajaran IPA bagi siswa tunarungu. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan subjek guru reguler, GPK, siswa reguler, dan siswa tunarungu. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen, kemudian melalui teknik analisis data dari Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengajaran yang dominan digunakan adalah pendekatan ekspositori, sementara pendekatan kontekstual, role-play, dan demonstrasi diterapkan secara terbatas. Tantangan utama yang dihadapi siswa tunarungu antara lain kesulitan dalam memahami terminologi IPA dan kurangnya dukungan teknologi yang dapat membantu mereka dalam mengakses informasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun strategi pengajaran yang diterapkan cukup efektif, keterbatasan sumber daya dan teknologi menjadi kendala signifikan dalam pembelajaran siswa tunarungu. Implikasi penelitian ini menunjukkan perlunya peningkatan dukungan teknologi dan pelatihan lebih lanjut untuk GPK guna mengoptimalkan pembelajaran inklusif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Siswa Inklusi, Bahasa Isyarat, Pembelajaran IPA, Guru Pembimbing Khusus |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Shinta Wesiana Dewi |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 08:07 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 08:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23483 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |