PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP RANTAI MAKANAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Dewi, Ni Kadek Riska (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP RANTAI MAKANAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031289-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031289-ABSTAK.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031289-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (655kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031289-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031289-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031289-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031289-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031289-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031289-LAMPIRAN.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi berpendekatan kontekstual untuk pembelajaran IPAS khususnya materi rantai makanan di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Media ini divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran dengan hasil validitas masing-masing 3.73, 3.80, dan 3.83 menunjukkan kualitas media yang sangat layak. Respon siswa terhadap media ini sangat positif, dengan rata-rata 87,77% pada uji coba perorangan dan 94,29% pada uji coba kelompok kecil. Hasil uji efektivitas menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Kesimpulannya, media video animasi ini efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dan dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran IPAS khususnya materi rantai makanan untuk menciptakan suasana belajar yang menarik dan interaktif. Media ini memberikan alternatif inovatif bagi guru untuk mengatasi keterbatasan metode pembelajaran konvensional dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media, Video Animasi, Rantai Makanan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Riska Dewi
Date Deposited: 19 Feb 2025 07:49
Last Modified: 19 Feb 2025 07:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23495

Actions (login required)

View Item View Item