Dewi, Ni Kadek Riska (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP RANTAI MAKANAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031289-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031289-ABSTAK.pdf Download (138kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031289-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (655kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031289-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (886kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031289-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031289-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031289-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031289-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031289-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi berpendekatan kontekstual untuk pembelajaran IPAS khususnya materi rantai makanan di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Media ini divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran dengan hasil validitas masing-masing 3.73, 3.80, dan 3.83 menunjukkan kualitas media yang sangat layak. Respon siswa terhadap media ini sangat positif, dengan rata-rata 87,77% pada uji coba perorangan dan 94,29% pada uji coba kelompok kecil. Hasil uji efektivitas menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman konsep siswa kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Kesimpulannya, media video animasi ini efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dan dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran IPAS khususnya materi rantai makanan untuk menciptakan suasana belajar yang menarik dan interaktif. Media ini memberikan alternatif inovatif bagi guru untuk mengatasi keterbatasan metode pembelajaran konvensional dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPAS di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Video Animasi, Rantai Makanan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Riska Dewi |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 07:49 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 07:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23495 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |