PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOX BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI DAERAHKU KEBANGGAANKU SISWA KELAS V SD NEGERI 6 PADANGSAMBIAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Mardani, Ni Kadek Dwi Wahyu (2025) PENGEMBANGAN MEDIA SMART BOX BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI DAERAHKU KEBANGGAANKU SISWA KELAS V SD NEGERI 6 PADANGSAMBIAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031053-COVER.pdf

Download (789kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031053-ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (471kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031053-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031053-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031053-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun media smart box berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS materi daerahku kebanggaanku siswa kelas V SD Negeri 6 Padangsambian, (2) untuk mengetahui kelayakan media smart box berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS materi daerahku kebanggaanku siswa kelas V SD Negeri 6 Padangsambian, dan (3) untuk mengetahui efektivitas media smart box berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPAS materi daerahku kebanggaanku siswa kelas V SD Negeri 6 Padangsambian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yakni angket dan tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun media smart box berbasis pembelajaran berdiferensiasi yang menerapkan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, berdasarkan hasil penilaian rancang bangun oleh ahli diperoleh skor 93,18% (sangat baik), (2) media smart box dinyatakan layak digunakan berdasarkan penilaian oleh ahli isi pembelajaran yakni 96,67% (sangat baik), ahli desain instruksional yakni 92,5% (sangat baik), ahli media pembelajaran yakni 92,5% (sangat baik), uji coba perorangan yakni 96,67% (sangat baik), dan uji coba kelompok kecil 91,67% (sangat baik), (3) berdasarkan uji-t satu sample diperoleh nilai thitung = 5,583, sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan ket entuan dk = n – 1 = 29 – 1 = 28, diperoleh ttabel yakni 1,701. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 5,583 > 1,701, sehingga H0 ditolak, sedangkan H1 yang berbunyi hasil rata-rata Post-test siswa kelas V lebih dari atau sama dengan nilai BSKAP diterima. Dapat disimpulkan bahwa media smart box berbasis pembelajaran berdiferensiasi efektif diterapkan pada mata pelajaran IPAS materi daerahku kebanggaanku untuk siswa kelas V di SD Negeri 6 Padangsambian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, smart box, pembelajaran berdiferensiasi, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Dwi Wahyu Mardani
Date Deposited: 20 Feb 2025 04:19
Last Modified: 20 Feb 2025 04:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23533

Actions (login required)

View Item View Item