Aryanti, Kadek Cahya Hindira (2025) PENGARUH MODEL OUTDOOR LEARNING BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL BALI TERHADAP PENINGKATAN LITERASI BUDAYA PADA MUATAN IPS KELAS 5 SD GUGUS VI ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031201-COVER.pdf Download (973kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031201-ABSTRAK.pdf Download (643kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031201-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (572kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031201-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031201-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (868kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031201-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031201-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031201-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (570kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031201-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model outdoor learning berbasis permainan tradisional Bali terhadap peningkatan literasi budaya kelas V SD Gugus VI Abiansemal tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian Nonequivalent Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kelas V di Gugus VI Abiansemal tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri atas 9 kelas dengan jumlah siswa 151 orang. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling, diperoleh kelas V SD No. 1 Mambal sebanyak 22 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD No. 4 Mekar Bhuana sebanyak 11 siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi literasi budaya diperoleh dengan memberikan butir tes pilihan ganda biasa dan dianalisis dengan uji-t Polled Varians. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil t-hitung = 4,41 > t-tabel = 2,04. Dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 31. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi literasi budaya kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model outdoor learning berbasis permainan tradisional Bali dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model outdoor learning berbasis permainan tradisional Bali berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi literasi budaya pada muatan IPS kelas V SD Gugus VI Abiansemal tahun ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Model outdoor learning, permainan tradisional Bali, Literasi Budaya. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Cahya Hindira Aryanti |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 04:32 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 04:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23536 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |