PENGARUH MODEL OUTDOOR LEARNING BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL BALI TERHADAP PENINGKATAN LITERASI BUDAYA PADA MUATAN IPS KELAS 5 SD GUGUS VI ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2024/2025

Aryanti, Kadek Cahya Hindira (2025) PENGARUH MODEL OUTDOOR LEARNING BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL BALI TERHADAP PENINGKATAN LITERASI BUDAYA PADA MUATAN IPS KELAS 5 SD GUGUS VI ABIANSEMAL TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031201-COVER.pdf

Download (973kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031201-ABSTRAK.pdf

Download (643kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031201-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (572kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031201-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031201-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031201-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031201-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031201-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (570kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031201-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model outdoor learning berbasis permainan tradisional Bali terhadap peningkatan literasi budaya kelas V SD Gugus VI Abiansemal tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian Nonequivalent Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kelas V di Gugus VI Abiansemal tahun ajaran 2024/2025 yang terdiri atas 9 kelas dengan jumlah siswa 151 orang. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling, diperoleh kelas V SD No. 1 Mambal sebanyak 22 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD No. 4 Mekar Bhuana sebanyak 11 siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi literasi budaya diperoleh dengan memberikan butir tes pilihan ganda biasa dan dianalisis dengan uji-t Polled Varians. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil t-hitung = 4,41 > t-tabel = 2,04. Dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 31. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi literasi budaya kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model outdoor learning berbasis permainan tradisional Bali dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model outdoor learning berbasis permainan tradisional Bali berpengaruh terhadap peningkatan kompetensi literasi budaya pada muatan IPS kelas V SD Gugus VI Abiansemal tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model outdoor learning, permainan tradisional Bali, Literasi Budaya.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Cahya Hindira Aryanti
Date Deposited: 20 Feb 2025 04:32
Last Modified: 20 Feb 2025 04:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23536

Actions (login required)

View Item View Item