Laksmi, Ni Komang Vera Nawa (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN VIRTUAL FIELD TRIP BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUBAK PADA MATERI KEUNIKAN KEBIASAAN MASYARAKAT DI SEKITARKU MUATAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 1 MAS. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031268-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031268-ABSTRAK.pdf Download (817kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031268-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (640kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031268-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (763kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031268-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031268-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031268-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (728kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031268-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (643kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031268-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendiskripsikan rancang bangun video pembelajaran virtual field trip berbasis kearifan lokal subak pada materi keunikan kebiasaan masyarakat di sekitarku muatan IPAS kelas IV SD Negeri 1 Mas, (2) untuk mengetahui kualitas video pembelajaran virtual field trip berbasis kearifan lokal subak pada materi keunikan kebiasaan masyarakat di sekitarku muatan IPAS kelas IV SD Negeri 1 Mas, dan (3) untuk mengetahui efektifitas video pembelajaran virtual field trip berbasis kearifan lokal subak pada materi keunikan kebiasaan masyarakat di sekitarku muatan IPAS kelas IV SD Negeri 1 Mas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes pilihan ganda dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun video pembelajaran virtual field trip dengan hasil penilaian ahli rancang bangun sebesar 92,5% (sangat baik), (2) kualitas video pembelajaran virtual field trip menunjukkan hasil uji ahli isi/mata pelajaran sebesar 91,1% (sangat baik), uji ahli desain instruksional sebesar 92,5% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 91,6% (sangat baik), uji perorangan sebesar 97,22% (sangat baik), uji coba kelompok kecil sebesar 94,90% (sangat baik), (3) Efektivitas media video pembelajaran virtual field trip berdasarkan hasil uji-t sample dependent diperoleh bahwa nilai t_hitung = 20,99. Harga t_hitung tersebut dibandingkan dengan harga t_tabel pada taraf 5% dengan diketahui dk = 36 adalah sebesar 1,688. Hasil tersebut menunjukan bahwa t_hitung = 20,99 > t_tabel = 1,688, sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Jadi dapat disimpulkan media video pembelajaran virtual field trip berbasis kearifan lokal subak efektif diterapkan pada materi keunikan kebiasaan masyarakat di sekitarku muatan IPAS kelas IV SD Negeri 1 Mas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : video pembelajaran, virtual field trip, kearifan lokal subak, IPAS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Vera Nawa Laksmi |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 06:04 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 06:04 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23547 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |