PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IX – 1 DI SMP LABORATORIUM UNDIKSHA

Tryamarta, Komang (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IX – 1 DI SMP LABORATORIUM UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2114041015-COVER.pdf

Download (530kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2114041015 - ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114041015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114041015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114041015-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114041015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2114041015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114041015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2114041015-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan media Kahoot dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IX-1 SMP Laboratorium Undiksha, serta untuk mengidentifikasi kendala�kendala yang dihadapi selama penerapan model pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yang melibatkan pengumpulan data melalui observasi, angket, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan media Kahoot efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan skor motivasi belajar siswa setelah penerapan metode tersebut. Selain itu, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila juga mengalami peningkatan signifikan, yang tercermin dari tes yang dilakukan sebelum dan setelah pembelajaran. Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan model ini termasuk keterbatasan waktu, kesulitan teknis terkait penggunaan media Kahoot, serta perbedaan kemampuan siswa dalam beradaptasi dengan model pembelajaran baru. Meskipun demikian, kelebihan dari model ini, seperti meningkatkan interaksi antar siswa, mendorong kolaborasi, serta membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif, telah terbukti efektif dalam memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan dapat menjadi acuan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Jigsaw, Kahoot, Interaksi, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1)
Depositing User: KOMANG TRYAMARTA
Date Deposited: 20 Feb 2025 07:50
Last Modified: 20 Feb 2025 07:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23565

Actions (login required)

View Item View Item