Metriasih, Ni Made (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DESA PANGLIPURAN BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA MATERI HAKIKAT DAN MACAM-MACAM NORMA DI MASYARAKAT SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 5 SANGKAN GUNUNG, KAB.BANGLI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031278-COVER.pdf Download (506kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031278-ABSTRAK.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031278-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031278-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031278-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031278-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031278-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031278-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031278-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun Video Pembelajaran Berbasis Profil Pelajar Pancasila Materi Hakikat dan Macam – macam Norma di Masyarakat Mata Pelajaran Pancasila Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Sangkan Gunung. (2) mengetahui kualitas Video Pembelajaran Berbasis Profil Pelajar Pancasila Materi Hakikat dan Macam – macam Norma di Masyarakat Mata Pelajaran Pancasila Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Sangkan Gunung, ditinjau dari rancang bangun, isi, desain instruksional, media pembelajaran, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. (3) Serta untuk mengetahui efektivitas Video Pembelajaran Berbasis Profil Pelajar Pancasila Materi Hakikat dan Macam – macam Norma di Masyarakat Mata Pelajaran Pancasila Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Sangkan Gunung. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa serta kuesioner dan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian adalah (1) Rancang bangun media Video Pembelajaran dengan hasil penilaian rancang bangun dari ahli rancang bangun dengan persentase 90,90% yang berada pada kualifikasi (Sangat Baik). (2) Kualitas Video Pembelajaran menunjukkan hasil uji ahli isi muatan pelajaran sebesar 91,66% (Sangat Baik), uji ahli desain instrusional sebesar 92,5% (Sangat Baik), uji ahli media pembelajaran sebesar 90% (Sangat Baik), uji coba perorangan sebesar 94,4% (Sangat Baik) dan uji coba kelompok kecil sebesar 94,4% (Sangat Baik). (3) Efektivitas Video Pembelajaran berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung = 26,790 untuk db = 15 dan taraf signifikan 5% = 2,131. Hal ini berarti thitung sebesar 39,281 kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel ¬dengan taraf signifikansi 5% untuk df = n - 1 = 27-1 = 26. Adapun nilai ttabel adalah 2,055. Dengan membandingkan nilai ttabel dengan thitung diperoleh bahwa nilai thitung > ttabel (39,281 > 2,055), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran berbasis profil pelajar pancasila materi hakikat dan macam-macam norma di masyarakat mata pelajaran Pancasila pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Sangkan Gunung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila, Pancasila |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Metriasih |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 09:33 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 09:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23572 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |