PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS COSPACE EDU PADA MATERI SIKLUS AIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR

ARDANA PUTRA, I PUTU RISKY (2025) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS COSPACE EDU PADA MATERI SIKLUS AIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031395-COVER.pdf

Download (808kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031395-ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031395-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (318kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031395-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031395-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031395-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031395-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031395-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031395-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Permasalahan melatar belakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan literasi sains siswa di SD, serta kurang optimalnya pemanfaatan media pembelajaran di kelas. Dalam penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun media interaktif berbasis CoSpace Edu pada materi IPAS Siklus Air untuk siswa kelas 5 SD, (2) menganalisis validitas media interaktif berbasis CoSpace Edu pada materi Siklus Air untuk siswa kelas 5 SD, (3) menganalisis kepraktisan media interaktif berbasis CoSpace Edu pada materi Siklus Air untuk siswa kelas 5 SD dan, (4) menganalisis efektivitas media interaktif berbasis CoSpace Edu terhadap literasi sains siswa pada materi Siklus Air di kelas 5 SD N 6 Manukaya. Model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi yang digunakan dalam studi pengembangan ini. Subjek uji coba penelitian ini merupakan media pembelajaran yang berupa media Interaktif Berbasis Cospace Edu pada materi IPAS Siklus Air untuk siswa kelas 5 di sekolah dasar sedangkan objek uji coba dalam penelitian ini adalah validitas, kepraktisan dan efektivitas media pembelajaran yang berupa media Interaktif Cospace Edu pada materi IPAS Siklus Air untuk siswa kelas 5 di sekolah dasar. Alat pengumpulan data berupa angket, lembar skala penilaian, dan lembar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media interaktif berbasis Cospace EDU memperoleh indeks validitas sebesar 3,8 bagi ahli media dengan kualifikasi validitas isi tinggi; (2) materi pada media interaktif berbasis Cospace EDU memperoleh indeks validitas sebesar 3,85 dengan kualifikasi validitas isi tinggi; (3) respon siswa terhadap media interaktif berbasis Cospace EDU sebesar 3,88 dengan kualifikasi sangat baik, sedangkan respon guru memperoleh rata-rata 4 dengan kualifikasi sangat baik; dan (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji t berkorelasi diperoleh skor sebesar 0,001 atau p < 0,05 (tingkat signifikansi 5%). Temuan ini menunjukkan bahwa media interaktif berbasis Cospace EDU efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media interaktif berbasis cospace edu, kemampuan literasi sains
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Putu Risky Ardana Putra
Date Deposited: 21 Feb 2025 00:44
Last Modified: 21 Feb 2025 00:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23598

Actions (login required)

View Item View Item