Adriani, Ni Luh Dina (2025) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN KARAKTER MANDIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS III KECAMATAN TEJAKULA TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031142-COVER.pdf Download (848kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031142-ABSTRAK.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULAUN)
2111031142-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031142-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (313kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031142-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031142-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031142-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031142-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031142-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh orang tua dan karakter mandiri terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Tejakula tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini yaitu penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Tejakula yang berjumlah 181 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan jenis random sampling yang disesuaikan dengan undian, sehingga banyak sampel penelitian ini yaitu 123 orang. Dalam metode pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode nontes yaitu dengan kuesioner untuk mengukur pola asuh orang tua dan karakter mandiri siswa dan pencatatan dokumen untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa melalui nilai Ujian Akhir Semester (UAS) IPAS siswa kelas IV tahun ajaran 2023/2024. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Dari analisis data yang dilakukan diperoleh hasil bahwa (1) hubungan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPAS siswa memberikan kontribusi sebesar 4,3%, (2) hubungan antara karakter mandiri terhadap hasil belajar IPAS siswa memberikan kontribusi sebesar 66,6%, (3) hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan karakter mandiri terhadap hasil belajar IPAS siswa memberikan kontribusi sebesar 68,5%. Melalui hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dan karakter mandiri terhadap hasil belajar IPAS pada siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Tejakula. Berdasarkan hal tersebut, rekomendasi yang dapat diberikan untuk penelitian selanjutnya yaitu agar dapat memperluas lingkup penelitian Selain itu, penelitian dengan metode yang lebih mendalam seperti studi longitudinal dapat memberikan gambaran yang lebih komprehensif mengenai hubungan antara pola asuh orang tua, karakter mandiri, dan hasil belajar IPAS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola asuh orang tua, mandiri,hasil belajar, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni luh Dina Adriani |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 01:07 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 01:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23638 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |