Semaranata, I Nengah (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENYAMA BRAYA DI KAMPUNG SAREN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN NILAI PEDULI SOSIAL PADA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 BEBANDEM. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2129091006-Cover.pdf Download (726kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2129091006-Abstrak.pdf Download (28kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129091006-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129091006-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (657kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129091006-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (739kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129091006-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129091006-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129091006-Daftar Pustaka.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2129091006-Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Ajar Berbasis Kearifan Lokal Menyama Braya di Kampung Saren berpendekatan saintifik pada mata pelajaran Sosiologi kelas XII IPS. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu analyze, design, development, implementation and evaluation. Subjek penelitian pengembangan ini berjumlah 64 orang yang terdiri dari 2 ahli (materi, media dan desain pembelajaran), 1 praktisi (Guru Sosiologi kelas XII) dan 128 siswa. Data dari ahli digunakan untuk menguji validasi Modul Ajar Berbasis Kearifan Lokal, data guru untuk menguji kepraktisan Modul Ajar Berbasis Kearifan Lokal dan data dari siswa digunakan menguji validasi tes dan uji efektivitas. Instrumen penelitian mencakup lembar penilaian media, desain pembelajaran, media, kuesioner kepraktisan untuk guru dan tes Prestasi belajar Sosiologi. Data yang diperoleh dianalis dengan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Modul Ajar Berbasis Kearifan Lokal yang dikembangkan sudah sesuai dengan langkah-langkah pengembangan ADDIE, 2) Modul Ajar Berbasis Kearifan Lokal yang dikembangkan terkategori sangat valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,98. 3) Modul Ajar Berbasis Kearifan Lokal yang dikembangkan terkategori sangat praktis dengan nilai rata-rata 4 pada nilai kepedulian sosial dan 4) Modul Ajar Berbasis Kearifan Lokal yang dikembangkan efektif meningkatkan Prestasi belajar dan nilai peduli sosial Sosiologi siswa dengan nilai probabilitas 0,000.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kearifan Lokal, Modul, Kebudayaan, Masyarakat, Menyama-braya. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | I Nengah Semaranata |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 02:30 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 02:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23668 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |