ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR (STUDI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA EKS SEKOLAH PILOTING K-13)

Apriliani, Ni Luh Gede Witri (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR (STUDI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA EKS SEKOLAH PILOTING K-13). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031477-COVER.pdf

Download (873kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031477-ABSTRAK.pdf

Download (78kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031477-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031477-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031477-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031477-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031477-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031477-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031477-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dengan cara yang lebih fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Namun kenyataannya, masih terdapat beberapa kendala dalam implementasinya di sekolah dasar. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 4 orang kepala sekolah, 4 orang guru, dan 121 orang siswa kelas IV SD. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode non tes berupa observasi dan wawancara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan, berupa angket/kuisioner untuk siswa, guru, dan kepala sekolah. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu teknik analisis data deskriptif kualitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan persentase skor sebesar 84,75%. Maka, dapat disimpulkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas IV SD berada pada kategori sangat tinggi dan sudah berjalan sesuai dengan rencana. Implikasi hasil penelitian ini sebagai inovasi baru dan pengembangan baru untuk pembelajaran Bahasa Inggris dalam penerapan Kurikulum Merdeka agar dapat meningkatkan kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Bahasa Inggris, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Gede Witri Apriliani
Date Deposited: 06 Mar 2025 01:53
Last Modified: 06 Mar 2025 01:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23680

Actions (login required)

View Item View Item