PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL ATTENTION, RELEVANCE, CONVIDENT, SATISFACTION (ARCS) DENGAN KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR

Paramita, Ni Kadek Dwinda (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL ATTENTION, RELEVANCE, CONVIDENT, SATISFACTION (ARCS) DENGAN KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031169-COVER.pdf

Download (765kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031169-ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031169-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031169-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031169-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031169-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031169-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031169-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031169-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Pembelajaran IPAS di SD masih cenderung berpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa secara aktif, serta penggunaan media yang terbatas sehingga menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, dilakukanlah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dengan kearifan lokal pada pembelajaran IPAS materi Bunyi dan Sifatnya untuk siswa kelas V Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner dengan instrumen rating scale. Teknik analisis data pada penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest – posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) multimedia interaktif yang dikembangkan memiliki validitas media 0,964 dengan kualifikasi validitas tinggi, (2) multimedia interaktif yang dikembangkan memiliki validitas media 0,969 dengan kualifikasi validitas tinggi. (3) kepraktisan media memperoleh hasil yang sangat baik, dengan pencapaian kepraktisan oleh guru 98% dan siswa 97,5%. (4) nilai signifikan (2-tailed) pada uji Paired Sample T-Test memperoleh skor sebesar 0,000 < 0,05, sehingga multimedia interaktif berbasis ARCS dengan kearifan lokal dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan pada materi Bunyi dan Sifatnya dalam pembelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, model pembelajaran ARCS, kearifan lokal, motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Dwinda Paramita
Date Deposited: 07 Mar 2025 00:04
Last Modified: 07 Mar 2025 00:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23686

Actions (login required)

View Item View Item