PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PODCAST PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU IPS KELAS IV SD N 3 SELAT TAHUN AJARAN 2024/2025

Pratiwi, Ni Putu Jayanti Dian (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PODCAST PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU IPS KELAS IV SD N 3 SELAT TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031018-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031018-ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031018-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031018-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031018-LAMPIRAN.pdf

Download (21MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas video pembelajaran podcast pada materi keragaman budaya bangsaku dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV di SD Negeri 3 Selat. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode analisis data adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tahapan pengembangan ADDIE dalam pengembangan telah dipenuhi, (2) kelayakan media video pembelajaran podcast ditunjukan oleh hasil uji ahli isi dengan skor 96%, uji ahli rancang bangun dengan skor 90,90%, uji ahli media dengan skor 80%, uji ahli desain pembelajaran dengan skor 86,11%, uji coba perorangan dengan skor 94,16%, dan uji coba kelompok kecil dengan skor 91,38%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video pembelajaran podcast digunakan dengan efektif pada siswa kelas IV di SD Negeri 3 Selat. Hasil uji-t menunjukan nilai signifikan 0,00 dengan keputusan ≤ 0,05, yang berarti H_0 ditolak dan H_1 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Podcast, Keragaman Budaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Jayanti Dian Pratiwi
Date Deposited: 18 Mar 2025 01:09
Last Modified: 18 Mar 2025 01:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23779

Actions (login required)

View Item View Item