Dewi, Kadek Ayu Ratih Satya (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS LETKOL WISNU DENPASAR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031027-COVER.pdf Download (998kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031027-ABSTRAK.pdf Download (330kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1611031027-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (410kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1611031027-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1611031027-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031027-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1611031027-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031027-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (339kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031027_LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model PBL berbantuan media lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment dengan desain penelitian “Nonequivalent Control Group Design”. Populasinya ialah seluruh kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar sebanyak 10 kelas, 368 siswa. Selanjutnya diambil dua sampel untuk perlakuan melalui Teknik Cluster Random Sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas IV SD Negeri 1 Peguyangan sebagai kelas eksperimen sebanyak 46 orang menerapkan model PBL berbantuan media lingkungan dan kelas IV SD Negeri 5 Peguyangan sebagai kelas kontrol sebanyak 38 orang dengan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dengan metode tes berupa tes pilihan ganda sebanyak 35 soal. Diperoleh rerata gain skor ternormalisasi kelompok eksperimen X bar = 0,525 > X bar = 0,236 rerata gain skor ternormalisasi kelompok kontrol. Selanjutnya data diuji dengan t-test polled varian. Terbukti dari nilai thitung =11,049 > ttabel = 1,989 pada dk = (46+38-2) = 82 dan taraf signifikansi 5% yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat perbedaan signifikan terhadap kedua kelompok sampel. Kesimpulannya penerapan model PBL berbantuan media lingkungan memberi pengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model PBL, media lingkungan, kompetensi pengetahuan IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Ayu Ratih Satya Dewi |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 10:13 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 10:13 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2381 |
Actions (login required)
View Item |