Rediarpi, Ni Made (2025) PENGARUH METODE MINDFULNESS TEKNIK STOP TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KONSENTRASI DAN REGULASI EMOSI ANAK TAMAN KANAK-KANAK GUGUS VI KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2229171019-COVER)
2229171019-Cover.pdf Download (658kB) |
![]() |
Text (2229171019-ABSTRAK)
2229171019-Abstrak.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text (2229171019-BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171019-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text (2229171019-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229171019-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2229171019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229171019-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2229171019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171019-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2229171019-BAB 5 PENUTUP)
2229171019-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2229171019-DAFTAR PUSTAKA)
2229171019-Daftar Pustaka.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text (2229171019-LAMPIRAN)
2229171019-Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan konsentrasi dan regulasi emosi secara simultan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran Mindfulness Teknik STOP dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan metode ceramah, 2) mengetahui perbedaan yang signifikan perbedaan kemampuan konsentrasi antara antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran Mindfulness Teknik STOP dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan metode ceramah, 3) mengetahui perbedaan yang signifikan regulasi emosi antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran Mindfulness Teknik STOP dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan metode ceramah. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain eksperimen semu (Quasi-Eksperimental Design). Dalam penelitian ini, populasinya adalah jumlah keseluruhan anak TK Kelompok B Gugus VI Kecamatan Buleleng yaitu 90 siswa. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan group random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan secara observasi terstruktur sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran. Hasil analisis terhadap tiga hipotesis menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan yang simultan metode Mindfulness terhadap kemampuan konsentrasi dan regulasi emosi pada anak dengan taraf signifikansi sebesar 0,001; 2) terdapat perbedaan yang simultan metode Mindfulness terhadap kemampuan konsentrasi dengan taraf signifikansi 0,003; 3) terdapat perbedaan yang simultan metode Mindfulness terhadap regulasi emosi dengan taraf signifikansi 0,010. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Mindfulness memberikan dampak positif terhadap kemampuan konsentrasi dan regulasi emosi pada anak usia dini. Dengan membekali anak dengan keterampilan ini sejak dini, mereka akan lebih siap menghadapi tantangan emosional yang lebih besar di masa depan, baik di sekolah maupun dalam kehidupan sosial mereka.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mindfullness, STOP, Konsentrasi, Regulasi Emosi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Ni Made Rediarpi |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 06:55 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 06:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23872 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |