Bagaskara, I Made Yuda (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA PADA SISWA KELAS V SD DI GUGUS VIII KECAMATAN KINTAMANI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031096-COVER.pdf Download (521kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031096-ABSTRAK.pdf Download (26kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031096-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (164kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031096-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031096-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (421kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031096-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031096-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031096-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (242kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031096-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Permasalahan rendahnya kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas V SD di Gugus VIII Kecamatan Kintamani menjadi masalah utama dilakukannya penelitian ini. Rendahnya kompetensi pengetahuan IPA siswa terjadi karena pembelajaran masih bersifat teacher center dan minimnya penggunaan media pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFE) berbantuan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Non-Equivalen Post test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus VIII Kecataman Kintamani yang berjumlah 111 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik random samping, didapatkan kelas V SD Negeri Abangsongan sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 26 siswa dan kelas V SD Negeri Suter sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 25 siswa. Data dikumpulkan menggunakan metode tes kompetensi pengetahuan IPA dalam bentuk tes objektif pilihan ganda. Data kompetensi pengetahuan IPA dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis data, diperoleh thitung 5,76 > ttabel 2,00. Sehingga H0 ditolak. Itu berarti bahwa terdapat terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SFE berbantuan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas V SD di Gugus VIII Kecamatan Kintamani tahun pelajaran 2019/2020. kata kunci: model pembelajaran SFE, mind mapping, kompetensi pengetahuan IPA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran SFE mind mapping kompetensi pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Made Yuda Bagaskara |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 01:23 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 01:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2390 |
Actions (login required)
View Item |