Sasmiliasari, Ni Putu Prema (2025) PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF MUATAN IPS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BUKTI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031373-COVER.pdf Download (877kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031373-ABSTRAK.pdf Download (310kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031373-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031373-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (465kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031373-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (459kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031373-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031373-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031373-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031373-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berupa PowerPoint Interaktif muatan IPS pada materi Indonesiaku Kaya Budaya, yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan literasi budaya siswa kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu (1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) penerapan, dan (5) evaluasi. Subjek dari pengembangan ini adalah media PowerPoint interaktif, sedangkan objeknya meliputi validitas, kepraktisan, dan efektivitas produk yang dihasilkan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas produk yang dihasilkan memperoleh nilai rata-rata untuk media sebesar 4,5 dan materi sebesar 5, yang mengindikasikan produk tersebut sangat layak digunakan; (2) kepraktisan media berdasarkan respon guru memperoleh skor 97,5% (sangat baik) dan uji respon siswa memperoleh skor 98% (sangat baik). (3) uji-t berkolerasi menghasilkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 atau p < 0,05, yang menunjukkan bahwa media berupa PowerPoint interaktif materi Indonesiaku Kaya Budaya efektif untuk meningkatkan literasi budaya siswa siswa kelas IV SD Negeri 1 Bukti. Berdasarkan temuan tersebut, rekomendasi yang diberikan berfokus pada peningkatan kualitas media pembelajaran dengan lebih menekankan integrasi penggunaan teknoligi secara mendalam, merancang desain yang interaktif dan ramah anak, serta mengembangkan aktivitas pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk mandiri sekaligus meningkatkan kemampuan berfikir komputasi mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PowerPoint Interaktif, materi Indonesiaku Kaya Budaya, Literasi Budaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Prema Sasmiliasari |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 00:51 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 00:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |