Saputri, Ni Kadek Windy Virjinia (2025) PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS VAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 5 KARANGASEM. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031374-COVER.pdf Download (571kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031374-ABSTRAK.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031374-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031374-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (862kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031374-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (435kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031374-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031374-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031374-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031374-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media E-Book interaktif, (2) mendeskripsikan hasil validitas pengembangan media E-Book interaktif, (3) mendeskripsikan kepraktisan media E-Book interaktif, dan (4) menganalisis efektivitas media E-Book interaktif, dalam meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, Instrumen kuisioner, dan tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rancangan bangun E-Book interaktif ini dirancang melalui tahapan pengembangan ADDIE. (2) hasil validitas E-Book interaktif dengan kualifikasi sangat baik, nilai skor dari ahli media 4,933 dan ahli materi diperoleh nilai 4,625. (3) hasil respons praktisi guru memperoleh nilai 95,83% dengan kualifikasi sangat baik, respons praktisi siswa memperoleh nilai 97,41% dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian E-Book interaktif yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak digunakan. (4) Hasil Efektivitas E-Book interaktif yang dikembangkan memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-berkolerasi memperoleh nilai sebesar 0,001, atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%). Sehingga media E-Book Interaktif berbasis VAK efektif untuk meningkatkan Hasil belajar IPS siswa kelas IV Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Book Interaktif, VAK (Visual, Auditory, Khinestetic), Sejarah Kerajaan-kerajaan di Nusantara, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Windy Virjinia Saputri |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 00:57 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 00:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23914 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |