Suarini, Ni Ketut Yunita (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS TRI HITA KARANA DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SD NEGERI 1 BALUK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031406-COVER.pdf Download (957kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031406-ABSTRAK.pdf Download (238kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031406-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031406-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031406-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031406-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031406-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031406-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031406-LAMPIRAN.pdf Download (17MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi berbasis Tri Hita Karana dalam pembelajaran IPAS materi manfaat keberagaman dan melestarikan keberagaman budaya kelas IV di SD Negeri 1 Baluk, adapun fokus utama dalam penelitian ini yaitu rancang bangun, tingkat validitas, serta kepraktisan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi empat tahapan yaitu tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Metode pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini yaitu wawancara dan penyebaran angket. Objek penelitian ini yaitu validitas dan kepraktisan video animasi yang dikembangkan, subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rancang bangun pengembangan video animasi meliputi tahapan pendefinisian, perancangan dan pengembangan; (2) produk yang dihasilkan dianalisis menggunakan rumus Aiken memperoleh penilaian ahli materi yaitu 0,98 dengan kualifikasi validitas tinggi, ahli media memperoleh skor 0,95 dengan kualifikasi validitas tinggi, dan ahli bahasa memperoleh skor 0,93 dengan kualifikasi validitas tinggi; (3) kepraktisan produk menggunakan rumus persentase memperoleh skor penilaian uji guru sebesar 94% dengan kualifikasi sangat praktis dan uji siswa sebesar 91% dengan kualifikasi sangat praktis. Dengan demikian video animasi berbasis Tri Hita Karana materi manfaat keberagaman dan melestarikan keberagaman budaya valid/layak digunakan dan dapat mempermudah pengajaran dan diharapkan kedepannya mampu berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman serta hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi, Tri Hita Karana, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Ketut Yunita Suarini |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 00:59 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 00:59 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |