PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI BERBASIS MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SD NEGERI 2 TIHINGAN

Dewi, Pande Komang Resma Permata (2025) PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI BERBASIS MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SD NEGERI 2 TIHINGAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031089-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031089-ABSTRAK.pdf

Download (445kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031089-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (421kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031089-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031089-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (953kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031089-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031089-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031089-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031089-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) rancang bangun rancang bangun media gambar berseri berbasis model picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 2 Tihingan, (2) validitas media gambar berseri berbasis model picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 2 Tihingan ditinjau dari isi, desain, media, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil kelas III SD Negeri 2 Tihingan, (3) efektivitas media gambar berseri berbasis model picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 2 Tihingan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui metode tes berupa soal tes keterampilan menulis berbentuk essay untuk mengetahui hasil belajar siswa terkait materi teks narasi. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun media gambar berseri dikembangkan menggunakan tahapan ADDIE yang menghasilkan produk berupa media gambar berseri dengan memiliki dua tampilan, yaitu tampilan depan yang berisi sembilan urutan gambar, dan tampilan belakang yang berisi cara penggunaan serta tujuan media gambar berseri, (2) media gambar berseri ini dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian ahli isi sebesar 96,42%, penilaian ahli desain sebesar 93,75%, penilaian ahli media pembelajaran sebesar 96,15%, penilaian uji ahli kepraktisan sebesar 95%, uji coba perorangan sebesar 92,42%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 93,17%, (3) berdasarkan uji-t sample dependent diperoleh nilai thitung = 4,86 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan db = (11 – 1) = 10 diperoleh nilai ttabel = 1,795. Hasil tersebut menunjukkan thitung (4,86) > ttabel (1,795), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri berbasis model picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas III efektif diterapkan dalam pembelajaran materi teks narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri 2 Tihingan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pengembangan, gambar berseri, picture and picture, teks narasi, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Pande Komang Resma Permata Dewi
Date Deposited: 16 Apr 2025 01:01
Last Modified: 16 Apr 2025 01:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23920

Actions (login required)

View Item View Item