Purnamaningsih, Ni Made Sri Astiti (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN BERBANTUAN MEDIA LAGU NASIONAL TERHADAP PENINGKATAN KOSAKATA KELAS 1 SEKOLAH DASAR GUGUS III MENGWI BADUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031041-COVER.docx.pdf Download (683kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031041-ABSTRAK.pdf Download (437kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031041-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031041-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031041-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031041-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031041-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031041-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (404kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031041-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran bermain peran berbantuan media lagu nasional terhadap peningkatan kosakata kelas 1 Sekolah Dasar Gugus III Mengwi Badung Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan kelompok non-equivalent control group design. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Penelitian ini mengambil semua kelas pada SD Gugus III Mengwi Badung sebagai populasi dengan sampel kelas 1A SD No. 1 Sempidi sebanyak 32 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas 1 SD No. 2 Sempidi sebanyak 30 siswa sebagai kelompok kontrol. Data peningkatan kosakata dikumpulkan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda sebanyak 15 butir soal. Data yang diperoleh dalam bentuk gain score selanjutnya dianalisis dengan statistic inferensial menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh rata-rata gain score kelompok eksperimen X ̅=0,717 ˃ X ̅=0,546 kelompok kontrol. Melalui uji hipotesis dengan uji-t pada taraf signifikansi 5% dan dk 60 diperoleh thitung =2,850 > ttabel = 2,000 maka H0 ditolak yang menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan peningkatan kosakata antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran bermain peran berbantuan media lagu nasional dengan kelompok yang tidak dibelajarkan seperti kelompok eksperimen pada kelas 1 SD Gugus III Mengwi Badung Tahun Ajaran 2019/2020. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran bermain peran berbantuan media lagu nasional terhadap peningkatan kosakata kelas 1 SD Gugus III Mengwi Badung Tahun Ajaran 2019/2020. Saran kepada peneliti lainnya agar hasil penelitian ini digunakan sebagai sumber acuan dalam menunjang keberhasilan penelitian selanjutnya namun tetap inovatif dengan memadukan berbagai variabel bebas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran bermain peran, media lagu nasional, peningkatan kosakata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Sri Astiti Purnamaningsih |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 05:22 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 05:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2393 |
Actions (login required)
View Item |