Puryanti, Luh Kade Deni (2025) PENGEMBANGAN E-BOOK TEKS EKSPOSISI BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS V SD NO. 1 WERDI BHUWANA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031068-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031068-ABSTRAK.pdf Download (646kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031068-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (712kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031068-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (823kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031068-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (993kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031068-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031068-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (701kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031068-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (579kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031068-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun E-book teks eksposisi berbasis kearifan lokal Bali pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan minat membaca siswa. (2) mengetahui kelayakan E-book teks eksposisi berbasis kearifan lokal Bali pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan minat membaca siswa. (3) mengetahui efektivitas E-book teks eksposisi berbasis kearifan lokal Bali pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan minat membaca siswa. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan nontes dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa (1) E-book teks eksposisi berbasis kearifan lokal Bali pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan minat membaca siswa berbentuk website yang dikembangkan menggunakan Canva dan Flipbooks, berisi materi teks eksposisi, video pembelajaran, contoh teks eksposisi bertemakan kearifan lokal Bali, games dan kuis untuk meningkatkan minat membaca siswa serta meningkatkan kemampuan siswa berpikir kritis. (2) Kelayakan E-book teks eksposisi berbasis kearifan lokal Bali pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan minat membaca siswa ditunjukkan dari hasil uji isi/materi pembelajaran memperoleh persentase 96,42% (sangat baik), uji ahli desain instruksional 91,25% (sangat baik), uji ahli media pembelajaran 92,85% (sangat baik), uji coba perorangan 84,09% (baik), dan uji coba kelompok kecil 89,39% (baik). (3) Efektivitas E-book teks eksposisi berbasis kearifan lokal Bali pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan minat membaca siswa berdasarkan uji-t diperoleh thitung = 2,222 dan ttabel= 2,093 yang artinya thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa bahwa E-Book Teks Eksposisi berbasis kearifan lokal layak dan efektif digunakan pada mata pelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas V SD No. 1 Werdi Bhuwana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, E-Book, Teks Eksposisi, Kearifan Lokal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Luh Kade Deni Puryanti |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 07:23 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 07:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23935 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |