Mayani, Ni Putu Widya (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS GESTUR YANG HUMANIS DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA GURU-GURU DI SD NEGERI 1 PAKSEBALI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031182-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031182-ABSTRAK.pdf Download (791kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031182-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (616kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031182-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (828kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031182-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031182-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031182-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (713kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031182-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (722kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031182-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kualitas isi, desain, media, uji perorangan dan uji kelompok kecil serta efektivitas media video pembelajaran berbasis gestur yang humanis dalam proses pembelajaran pada guru-guru di SD Negeri 1 Paksebali. Subjek uji coba penelitian ini yaitu ahli materi/isi, ahli desain, dan ahli media serta 8 orang guru sekolah dasar di SD Negeri 1 Paksebali. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan metode observasi (non-test), metode wawancara, dan metode angket/ kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis statistik inferensial menggunakan teknik Uji-t. Hasil penelitian pengembangan ini menyimpulkan bahwa: (1) kualitas hasil uji rancang bangun diperoleh skor 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, (2) hasil uji ahli dan uji pengguna diperoleh sebagai berikut. (a) hasil uji ahli isi/materi diperoleh skor 93,75% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil uji ahli desain diperoleh skor 90,62% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil uji ahli media diperoleh skor 91,67% dengan kualifikasi sangat baik, (d) hasil uji coba perorangan diperoleh skor 98,60% dengan kualifikasi sangat baik, dan (e) hasil uji coba kelompok kecil diperoleh skor 94,90% dengan kualifikasi sangat baik; (3) hasil uji efektivitas produk melalui uji hipotesis teknik uji-t dengan hasil t_hitung sebesar 9,39 dan t_tabel pada taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar 2,365. Hal tersebut menunjukkan bahwa t_hitung> t_tabel (9,39 > 2,365), sehingga hasilnya adalah signifikan (ada perbedaan yang signifikan). Perbedaan tersebut diduga kuat karena penggunaan media video pembelajaran berbasis gestur yang humanis. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis gestur yang humanis efektif digunakan sebagai referensi atau sumber ilmu pada guru-guru dalam penggunaan gestur atau bahasa tubuh yang humanis dalam proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: video gestur, guru humanis, pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Widya Mayani |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 23:53 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 23:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23944 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |