Dewantari, Sherly Agustina (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KELAS III SD NEGERI 3 ABIANTUWUNG TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031237-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031237-ABSTRAK.pdf Download (403kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031237-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031237-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031237-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (661kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031237-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031237-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031237-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031237-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui rancang bangun video animasi berbasis Realistic Mathematics Education (RME), (2) untuk mengetahui kelayakan video animasi berbasis Realistic Mathematics Education, (3) Untuk mengetahui efektivitas media video animasi berbasis Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes uraian dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, kualitatif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) hasil validasi isi materi pelajaran pada media video animasi berbasis Realistic Mathematics Education (RME) berada pada kategori sangat baik dengnn validasi isi sebesar 94,64% dengan kualifikasi sangat baik, validasi desain instruksional sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat baik,validasi media pembelajaran sebesar 96,15% dengan kualifikasi sangat baik, uji perorangan memperoleh skor 91,66%, dan uji coba kelompok kecil memperoleh skor 92,22%. (3) Berdasarkan hasil uji-t sample dependent didapatkan t_hitung = 27,277 > t_(tabel )= 2,056 dengan taraf signifikansi 5% dengan ketentuan dk= (n1-1) = 27-1= 26, sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa Video animasi berbasis Realistic Mathematics Education (RME) efektif diterapkan pada materi pecahan mata pelajaran matematika siswa kelas III di SD Negeri 3 Abiantuwunng.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Video Animasi, Matematika, Pecahan, RME |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Sherly Agustina Dewantari |
Date Deposited: | 16 Apr 2025 23:56 |
Last Modified: | 16 Apr 2025 23:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23946 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |