Utami, Gusti Ayu Putri (2025) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN STORYTELLING BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031255-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031255-ABSTRAK.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031255-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031255-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031255-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031255-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031255-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031255-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (513kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031255-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Keterampilan menyimak siswa di tingkat sekolah dasar sering kali menunjukkan hasil yang kurang optimal, terutama ketika pembelajaran menggunakan metode konvensional yang cenderung monoton dan kurang menarik perhatian siswa, khususnya dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas model pembelajaran storytelling berbasis media audiovisual dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan Non-equivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari 45 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran storytelling berbasis media audiovisual dan kelas kontrol yang dibelajarkan menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui tes objektif pilihan ganda dan dianalisis menggunakan statistic deskriptif serta uji-t untuk mengukur perbedaan keterampilan menyimak antar kelompok. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menyimak siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (thitung = 2,152 > ttabel = 2,064). Temuan ini menunjukkan bahwa kombinasi model pembelajaran storytelling berbasis media audiovisual efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya penerapan strategi pembelajaran inovatif yang mengakomodasi aspek kognitif dan psikologis siswa guna meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Keterampilan Menyimak, Storytelling, Audiovisual, Pembelajaran Inovatif, Metode Konvensional. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Putri Utami |
Date Deposited: | 19 Apr 2025 10:27 |
Last Modified: | 19 Apr 2025 10:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23956 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |