PENGEMBANGAN KOMIK STRIP BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRI HITA KARANA BERBANTUAN AR (AUGMENTED REALITY) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Karnadi, Kadek Ayu (2025) PENGEMBANGAN KOMIK STRIP BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRI HITA KARANA BERBANTUAN AR (AUGMENTED REALITY) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031113-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031113-ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031113-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (370kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TOERI)
2111031113-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031113-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031113-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031113-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031113-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031113-LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan; (1) menghasilkan rancang bangun media komik strip berbasis kearifan lokal tri hita karana berbantuan AR, (2) menghasilkan validitas media komik strip berbasis kearifan lokal tri hita karana berbantuan AR, (3) mengetahui kepraktisan media komik strip berbasis kearifan lokal tri hita karana melalui respon guru dan siswa, (4) mengetahui efektivitas media komik strip berbasis kearifan lokal tri hita karana berbantuan AR terhadap peningkatan literasi sains siswa kelas V SD. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu; (1) analisis,(2) perancangan,(3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek dalam pengembangan ini adalah media pembelajaran komik strip, objek pengembangan ini adalah kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran komik strip, kemudian subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD, dan objek uji coba penelitian ini adalah meningkatkan literasi sains muatan IPA materi ekosistem. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan metode test Instrumen yang dipergunakan dalam pengumpulan data, yaitu lembar angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) media komik strip yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,925 dengan kualifikansi validitas isi tinggi, (2) materi pada media komik strip yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,925 dengan kualifikansi validitas isi tinggi, tingkat pencapaian respon guru terhadap media komik strip 98% dengan kualifikansi sangat baik dan tingkat pencapaian respon siswa mencapai 97,2% dengan kualifikansi sangat baik, (3) nilai signifikansi (2tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,00 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media komik strip efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan1, Media2, Komik Strip3, Literasi Sains4
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Ayu Karnadi
Date Deposited: 19 Apr 2025 10:48
Last Modified: 19 Apr 2025 10:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23962

Actions (login required)

View Item View Item