Karnadi, Kadek Ayu (2025) PENGEMBANGAN KOMIK STRIP BERBASIS KEARIFAN LOKAL TRI HITA KARANA BERBANTUAN AR (AUGMENTED REALITY) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031113-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031113-ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031113-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TOERI)
2111031113-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031113-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (536kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031113-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031113-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031113-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031113-LAMPIRAN.pdf Download (17MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan; (1) menghasilkan rancang bangun media komik strip berbasis kearifan lokal tri hita karana berbantuan AR, (2) menghasilkan validitas media komik strip berbasis kearifan lokal tri hita karana berbantuan AR, (3) mengetahui kepraktisan media komik strip berbasis kearifan lokal tri hita karana melalui respon guru dan siswa, (4) mengetahui efektivitas media komik strip berbasis kearifan lokal tri hita karana berbantuan AR terhadap peningkatan literasi sains siswa kelas V SD. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu; (1) analisis,(2) perancangan,(3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek dalam pengembangan ini adalah media pembelajaran komik strip, objek pengembangan ini adalah kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran komik strip, kemudian subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD, dan objek uji coba penelitian ini adalah meningkatkan literasi sains muatan IPA materi ekosistem. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan metode test Instrumen yang dipergunakan dalam pengumpulan data, yaitu lembar angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) media komik strip yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,925 dengan kualifikansi validitas isi tinggi, (2) materi pada media komik strip yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,925 dengan kualifikansi validitas isi tinggi, tingkat pencapaian respon guru terhadap media komik strip 98% dengan kualifikansi sangat baik dan tingkat pencapaian respon siswa mencapai 97,2% dengan kualifikansi sangat baik, (3) nilai signifikansi (2tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,00 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media komik strip efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan1, Media2, Komik Strip3, Literasi Sains4 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Ayu Karnadi |
Date Deposited: | 19 Apr 2025 10:48 |
Last Modified: | 19 Apr 2025 10:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23962 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |