PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MEDIA PILE OF BLOCKS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAJAS METAFORA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 6 PADANGSAMBIAN

Sumandari, Ni Wayan Gita (2025) PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MEDIA PILE OF BLOCKS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAJAS METAFORA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 6 PADANGSAMBIAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2111031066-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031066-ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031066-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (466kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031066-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031066-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031066-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031066-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031066-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031066-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kurang memaksimalkan penggunaan media pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) rancang bangun media Pile of Blocks pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 6 Padangsambian, (2) validitas/kelayakan media Pile of Blocks pada pembelajaran Bahasa Indonesia ditinjau dari isi, desain, media, uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil siswa kelas V SD Negeri 6 Padangsambian, (3) efektivitas media Pile of Blocks untuk meningkatkan pemahaman majas metafora siswa kelas V SD Negeri 6 Padangsambian. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui metode tes berupa soal esai untuk mengetahui pemahaman siswa terkait materi majas metafora. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (1) rancang bangun media Pile of Blocks berupa media berbentuk hardcopy dan softcopy. Media Pile of Blocks terdiri dari 45 balok kayu yang sudah dimodifikasi, PowerPoint majas metafora, dan juga buku petunjuk penggunaan media Pile of Blocks, (2) media Pile of Blocks ini dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian ahli isi sebesar 95%, penilaian ahli desain sebesar 92,5%, penilaian ahli media pembelajaran sebesar 93,75%, uji coba perorangan sebesar 96,43%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 94,25%, (3) berdasarkan uji-t sample dependent diperoleh nilai thitung = 7,23 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dan db = (25 – 1) + (25 – 1) = 48 diperoleh nilai ttabel = 2,021. Hasil tersebut menunjukkan thitung (7,23) > ttabel (2,021), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Pile of Blocks efektif diterapkan dalam pembelajaran materi majas metafora pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 6 Padangsambian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pengembangan, media Pile of Blocks, majas metafora, bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Wayan Gita Sumandari
Date Deposited: 19 Apr 2025 11:05
Last Modified: 19 Apr 2025 11:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23970

Actions (login required)

View Item View Item