Sawitri, Ni Wayan (2025) PENGEMBANGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MUATAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH KELAS III SD NEGERI 6 BATUR TAHUN AJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031494-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031494-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031494-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031494-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031494-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031494-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031494-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031494-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031494-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media pembelajaran pop up book yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis etnomatematika. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, kelayakan serta efektivitas penggunaan media pembelajaran pop up book berbasis etnomatematika dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung bilangan cacah kelas III SD Negeri 6 Batur. Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini diantaranya ahli rancang bangun, ahli isi, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan siswa kelas III SD Negeri 6 Batur. Hasilnya media pop up book matematika yang dikembangkan layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran dibuktikan dengan uji kelayakan dari hasil uji ahli rancang bangun 90%, ahli isi 90%, ahli desain pembelajaran 90%, ahli media pembelajaran 92%, uji perorangan 88%, uji kelompok kecil 91%,. Sementara itu hasil perhitungan uji efektifitas berdasarkan hasil uji-t diperoleh thitung kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan diketahui dk = 30 adalah sebesar 1,967. Hasil menunjukkan bahwa thitung > ttabel (4.640 > 1,967), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti rata-rata nilai kompetensi pengetahuan matematika pada materi operasi hitung bilangan cacah sesudah menggunakan media pembelajaran pop up book berbasis etnomatematika lebih dari KKTP. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop up book berbasis etnomatematika layak diterapkan pada muatan pelajaran Matematika khususnya materi operasi hitung bilangan cacah kelas III SD Negeri 6 Batur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Media pembelajaran pop up book, Etnomatematika, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Sawitri |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 12:45 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 12:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23973 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |