Pratiwi, Kadek Anggi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO STORY INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MUATAN IPAS KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031265-COVER.pdf Download (942kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031265-ABSTRAK.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031265-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031265-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (635kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031265-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031265-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031265-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031265-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031265-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran video story interaktif pada muatan IPAS materi Oh, Lingkungan jadi rusak untuk kelas V di Sekolah Dasar. Adapun fokus utama penelitian ini yaitu rancang bangun, tingkat validitas, kepraktisan dan keefektifan penggunaan media pembelajaran video story interaktif dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini diantaranya ahli materi, ahli media, praktisi guru, dan siswa kelas V. Hasil penelitian ini (1) Rancang bangun media pembelajaran video story interaktif pada muatan IPAS dirancang dengan aplikasi Canva dan Capcut, video story interaktif berdurasi 8 menit dan terdapat kuis quinteraktif. (2) Media pembelajaran video story interaktif mendapatkan hasil validitas ahli materi kualifikasi sangat baik dengan persentase (94%) dan hasil validitas media yang memperoleh persentase (93%). (3) Media pembelajaran video story interaktif mendapatkan hasil kepraktisan oleh respon guru kualifikasi sangat praktis dengan persentase (95%) dan hasil uji kepraktisan respons siswa kualifikasi sangat praktis dengan persentase (94%). (4) Media pembelajaran video story interaktif menunjukkan adanya hasil yang signifikan dari peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media video story interaktif. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran video story interaktif pada muatan IPAS kelas V dapat mempermudah guru dalam mentransfer ilmu pengetahuan kepada siswa, dapat meningkatkan motivasi siswa, dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video story interaktif, IPAS, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Anggi Pratiwi |
Date Deposited: | 19 Apr 2025 11:16 |
Last Modified: | 19 Apr 2025 11:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23976 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |