Satwika, I Nyoman Cita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PECAHAN (MACAN) BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI PECAHAN PADA MUATAN MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI 7 SUKAWATI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031510-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031510-ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031510-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031510-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031510-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (816kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031510-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031510-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031510- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031510-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media pembelajaran matematika pecahan (macan) berbasis pendekatan kontekstual materi pecahan pada muatan matematika, (2) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran matematika pecahan (macan) berbasis pendekatan kontekstual materi pecahan pada muatan matematika, (3) mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran matematika pecahan (macan) berbasis pendekatan kontekstual materi pecahan pada muatan matematika. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif, statistik deskriptif dan statistik inferensial. (1) Rancang bangun media pembelajaran matematika pecahan (macan) berbasis pendekatan kontekstual berupa media elektronik/digital yang dikembangkan berdasarkan flowchart dan storyboard sesuai dengan model pengembangan ADDIE (2) Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika pecahan (macan) berbasis pendekatan kontekstual layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan: (a) hasil review ahli isi/materi pembelajaran sebesar 95,00% (sangat baik), (b) hasil review ahli desain instruksional sebesar 92,5% (sangat baik), (c) hasil review ahli media pembelajaran sebesar 92,5% (sangat baik), (d) hasil uji coba perorangan sebesar 93,33% (sangat baik), dan (e) hasil wji coba kelompok kecil sebesar 95,00% (sangat baik). (3) Hasil uji efektivitas media pembelajaran matematika pecahan (macan) berbasis pendekatan kontekstual diuji dengan menggunakan statistika inferensial teknik uji-t satu sampel dengan membandingkan rata-rata hasil post-test terhadap nilai KKTP yang ditetapkan sebesar 70. Diperoleh milai thing sebesar 6,578. Kemudian thitung dibandingkan dengan label sebesar 1,782 (dk = n-1 = 12, taraf signifikansi 5%). Hal ini berarti thitung 6,578 ≥ tabel 1,782, sehingga Ho ditolak dan Hi diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media media pembelajaran matematika pecahan (macan) berbasis pendekatan kontekstual efektif digunakan pada muatan matematika materi pecahan kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran matematika pecahan (macan), kontekstual, matematika. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Nyoman Cita Satwika |
Date Deposited: | 19 Apr 2025 11:18 |
Last Modified: | 19 Apr 2025 11:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23977 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |