Anggraeni, Ni Kadek Julia Putri (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERMUATAN FOLKLOR NUSANTARA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA DI KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031250-COVER.pdf Download (655kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031250-ABSTRAK.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031250-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031250-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031250-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031250-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (790kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031250-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031250-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031250-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya literasi membaca siswa kelas III di Sekolah Dasar terutama pada pelajaran Bahasa Indonesia, selain itu pemanfaatan media di kelas juga masih belum optimal. Penelitian ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun media video animasi bermuatan folklor nusantara, (2) mengetahui validitas media video animasi bermuatan folklor nusantara, (3) mengetahui kepraktisan media video animasi bermuatan folklor nusantara, dan (4) mengetahui efektivitas media video animasi bermuatan folklor nusantara dalam meningkatkan literasi membaca siswa di kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Adapun metode dalam mengumpulkan data terdiri dari metode angket/kuesioner dan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket/kuesioner dan soal tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penelitian ini menghasilkan media video animasi bermuatan folklor nusantara dalam meningkatkan literasi membaca siswa di kelas III Sekolah Dasar menggunakan model pengembangan ADDIE, pengambilan data menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan desain penelitian Nonequvalennt Control Desain, (2) validitas materi yaitu 0,98 dan validitas media sebesar 0,96 dengan kualifikasi/kategori validitas sangat tinggi, (3) kepraktisan media memperoleh skor 3,9 dengan kualifikasi/kategori sangat praktis, dan (4) Efektivitas video animasi memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t sebesar 0,000, hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%) atau p < 0,05. Sehingga media video animasi bermuatan folklor Nusantara efektif digunakan untuk meningkatkan literasi membaca siswa di kelas III Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video animasi, bermuatan folklor nusantara, literasi membaca siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Julia Putri Anggraeni |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 00:42 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 00:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23987 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |