Dewi, Ni Made Feby Trisna (2025) PENGEMBANGAN PETA DIGITAL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA MUATAN IPAS KELAS V SD NO. 1 KUTUH KECAMATAN KUTA SELATAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031281-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031281-ABSTRAK.pdf Download (826kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031281-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (727kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031281-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031281-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031281-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031281-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (748kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031281-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (711kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031281-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun peta digital berbasis project based learning materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia muatan IPAS Kelas V SD No. 1 Kutuh Kecamatan Kuta Selatan, (2) mengetahui kelayakan peta digital berbasis project based learning materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia, (3) mengetahui efektivitas peta digital berbasis project based learning materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik deskirptif kunatitatif dan statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian ini berupa (1) rancang bangun peta digital berbasis project based learning memperoleh hasil dari penilaian ahli rancang bangun sebesar 90,1% dengan kualifikasi sangat baik, (2) kelayakan peta digital berbasis project based learning memperoleh hasil penilaian oleh ahli isi pembelajaran sebesar 92,5% dengan kualifikasi sangat baik, ahli desain instruksional sebesar 91,5% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media pembelajaran sebesar 91,6% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba perorangan sebesar 94,3% dengan kualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil sebesar 94,4% dengan kualifikasi sangat baik, (3) efektivitas peta digital berbasis project based learning berdasarkan hasil uji-t sample dependet diperoleh t_hitung = 25,8 sedangkan t_tabel dengan taraf signifikansi 5% dengan dk = n1-1 = 28 -1 = 27diperoleh t_tabel sebesar 1,703 hal ini berarti t_hitung > t_tabel, sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan bahwa produk peta digital berbasis project based learning efektif untuk diterapkan pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia muatan IPAS kelas V SD No. 1 Kutuh Kecamatan Kuta Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Peta Digital, Project Based Learning, IPAS, Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Feby Trisna Dewi |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 03:47 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 03:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/23993 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |