PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO BERBASIS MASALAH PADA MATERI KALIMAT MUATAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS III SD NEGERI 27 PEMECUTAN

Putri, Bella Diana (2025) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO BERBASIS MASALAH PADA MATERI KALIMAT MUATAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS III SD NEGERI 27 PEMECUTAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031423-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031423-ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031423-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031423-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031423-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031423-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031423-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031423-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031423-LAMPIRAN.pdf

Download (29MB)

Abstract

Proses pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru dan siswa. Guru berperan sebagai fasilitator dan siswa sebagai perantara untuk menyampaikan pesan. Dalam penyampaian pesan tersebut diperlukan perantara, salah satunya media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun media audio, (2) mengetahui validitas media audio, (3) mengetahui kepraktisan media audio, (4) mengetahui efektivitas media audio. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni kuesioner dan tes. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan uji-t. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media audio yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dengan dibuktikan dari: (1) hasil uji ahli rancang bangun diperoleh skor 92,% (sangat baik), (2) kualitas media audio berdasarkan uji ahli isi/materi pembelajaran diperoleh skor 96,25% (sangat baik), ahli desain instruksional diperoleh skor 93,7% (sangat baik), ahli media pembelajaran diperoleh skor 94% (sangat baik), (3) kepraktisan berdasarkan respon praktisi/guru diperoleh skor 99% (sangat baik), uji perorangan diperoleh skor 94% (sangat baik), uji kelompok kecil diperoleh skor 95% (sangat baik), serta (4) uji efektivitas dengan uji-t diperoleh t-hitung = 27,38 > t-tabel = 0,224 pada taraf signifikansi 5% untuk dk = 35-1 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya terdapat perbedaan pre-test dan post-test sebelum dan sesudah menggunakan media audio. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk media audio berbasis masalah layak dan efektif untuk diterapkan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Audio, Keterampilan Menulis, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Bella Diana Putri
Date Deposited: 24 Apr 2025 13:26
Last Modified: 24 Apr 2025 13:26
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24008

Actions (login required)

View Item View Item