Sariwedani, Ni Made Galuh (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031355-COVER.pdf Download (583kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031355-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031355-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031355-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031355-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031355-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031355-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031355-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031355-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran interaktif berbasis kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas VI SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE. Penelitian ini menggunakan desain pre- eksperimental design jenis One-Grup Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian pengembangan ini adalah ahli media, ahli materi, 1 guru dan 27 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes berjenis pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan uji-t. Hasil penelitian ini memperoleh thitung sebesar 15,169 dengan taraf signifikansi 5% adalah 1,703, sehingga thitung>ttabel. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas VI Sekolah Dasar. Secara praktis, penelitian ini berimplikasi pada proses pembelajaran di sekolah yang lebih interaktif serta meningkatkan pengalaman belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran Interaktif, Kontekstual, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Galuh Sariwedani |
Date Deposited: | 06 May 2025 23:18 |
Last Modified: | 06 May 2025 23:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24056 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |