Trisnawati, Dewa Ayu (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Puzzle Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pecahan Siswa Kelas IV di SD Gugus I Kecamatan Tampaksiring. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031418-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031418-ABSTRAK.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2111031418-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2111031418-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (587kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
2111031418-BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031418-BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (743kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2111031418-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031418-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031418-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media puzzle terhadap kemampuan pemahaman konsep pecahan siswa kelas IV di SD Gugus I Kecamatan Tampaksiring. Penelitian merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Gugus I Kecamatan Tampaksiring, dengan jumlah siswa yaitu sebanyak 189 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik intact group. Berdasarkan hasil undian diperoleh sampel yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Manukaya dengan jumlah 27 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 6 Manukaya dengan jumlah siswa 28 orang sebagai kelompok kontrol. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data kemampuan pemahaman konsep pecahan siswa. Untuk mendapatkan data tersebut digunakan instrument tes uraian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil perhitungan rata-rata (mean) nilai kemampuan pemahaman konsep pecahan siswa kelompok eksperimen adalah 81,63 dengan kategori sangat tinggi. Sementara nilai rata-rata (mean) siswa pada kelompok kontrol adalah 46,64 dengan kategori sedang. Berdasarkan perhitungan dengan uji t didapatkan nilai t hitung sebesar 14,640. Sementara nilai t tabel dengan derajat kebebasan dk = 53 pada taraf signifikansi 5% adalah 1,674. Hasil ini menunjukan bahwa t hitung lebih besar dibandingkan t tabel (14,640 > 1,674) sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match berbantuan media puzzle berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep pecahan siswa kelas IV di SD Gugus I Kecamatan Tampaksiring
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Make A Match, Media Puzzle, Kemampuan Pemahaman Konsep Pecahan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Dewa Ayu Trisnawati |
Date Deposited: | 19 May 2025 00:51 |
Last Modified: | 19 May 2025 00:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |