Hendrawan, Kadek Deny (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS PENDEKATAN CONCRETE PICTORIAL ABSTRACT (CPA) PADA MUATAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH KELAS III DI SD NEGERI 1 KUTA 2024/2025. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031509-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031509-ABSTRAK.pdf Download (450kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031509-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (419kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031509-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (690kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031509-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031509-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031509-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031509-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031509-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Dalam konteks globalisasi dan era teknologi informasi, pendidikan menghadapi tantangan baru dan peluang yang menuntut adanya inovasi dan adaptasi terhadap perkembangan zaman. Tekhnologi seharusnya dapat menjadi alat yang kuat untuk mendukung proses belajar mengajar. Akan tetapi pada aspek pendidikan khsusnya muatan matematika masih jarang memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi. Hal tersebut menyebabkan siswa merasa bosan, kurang termotivasi dan materi pembelajaran yang diberikan susah untuk dipahami. Penelitian ini, bertujuan untuk pengembangan video animasi yang sesuai dengan kebutuhan siswa kelas III SD Negeri 1 Kuta khususnya pada mata pelajaran matematika materi perkalian bilangan cacah. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE dan pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA). Metode pengumpulan data adalah kuisioner dan tes pilihan ganda serta teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistika inferensial. Penelitian ini melibatkan satu orang ahli materi dan satu orang ahli media untuk menilai produk. Subjek uji coba yang dilibatkan yaitu wali kelas III dan siswa kelas III berjumlah dua puluh delapan orang. Hasi penelitian ini menunjukkan persentase dengan kategori baik dapat dilihat dari uji rancang bangun, uji ahli media, uji isi materi, uji desain, uji perorangan serta uji kelompok kecil. Keefektifan media berdasarkan uji-t, diperoleh thitung 5,403 dan ttabel. Selanjutnya dibandingkan dengan taraf signifikan 5%. Maka, thitung 6,578 > ttabel 2,052 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas yang dibelajarkan video animasi berbasis concrete pictorial abstract (CPA) muatan matematika materi perkalian dengan sebelum dibelajarkan video animasi berbasis CPA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk video animasi berbasis pendekatan concrete pictorial abstract (CPA) efektif diterapkan pada muatan matematika materi perkalian bilangan cacah kelas III SD Negeri 1 Kuta.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pengembangan, Model ADDIE, Video Animasi, Concrete Pictorial Abstract (CPA), Bilangan Cacah, Matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Kadek Deny Hendrawan |
Date Deposited: | 19 May 2025 00:55 |
Last Modified: | 19 May 2025 00:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24117 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |