PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PBL MATA PELAJARAN IPAS MATERI CERITA TENTANG DAERAHKU PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Yadnya, I Ketut Wahyudi (2025) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PBL MATA PELAJARAN IPAS MATERI CERITA TENTANG DAERAHKU PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031298-COVER.pdf

Download (869kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031298-ABSTRAK.pdf

Download (299kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031298-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (302kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031298-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031298-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031298-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031298-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031298-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (281kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031298-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancang bangun, menguji validitas, kepraktisan, dan efektivitas multimedia interaktif berbasis PBL mata pelajaran IPAS materi Cerita Tentang Daerahku pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 4 orang ahli, 2 orang guru, dan 9 orang siswa, serta 1 rombel siswa kelas IV SD Negeri 1 Kubu. Objek penelitian ini adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas multimedia interaktif berbasis PBL. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, kuesioner, dan tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan teknik statistik inferensial uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata hasil penilaian validitas dari ahli isi sebesar 0,98, ahli desain sebesar 0,95, dan ahli media sebesar 0,88 yang termasuk dalam kategori validitas sangat tinggi, (2) tingkat kepraktisan multimedia interaktif oleh guru sebesar 98,75%, sedangkan oleh siswa pada uji coba perorangan sebesar 96,66%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 99,56% yang dikualifikasikan sangat baik, serta (3) efektivitas multimedia interaktif berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji-t sample dependent diperoleh thitung = 9,948 untuk dk = 21 dan taraf signifikansi 5% = 1,721. Hal ini berarti thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga multimedia interaktif berbasis PBL dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi Cerita Tentang Daerahku pada siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, PBL, Mata Pelajaran IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Ketut Wahyudi Yadnya
Date Deposited: 19 May 2025 00:57
Last Modified: 19 May 2025 00:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24122

Actions (login required)

View Item View Item