Pembinaan Produksi Cerpen pada Ekstrakurikuler Penulisan Kreatif di SMAS Laboratorium Undiksha

Adiari, Luh Ayu Susemi (2020) Pembinaan Produksi Cerpen pada Ekstrakurikuler Penulisan Kreatif di SMAS Laboratorium Undiksha. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612011036-COVER.pdf

Download (459kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612011036-ABSTRAK.pdf

Download (21kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1612011036-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1612011036-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1612011036-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011036-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1612011036-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011036-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612011036-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) strategi guru dalam pembinaan produksi cerpen pada ekstrakurikuler Penulisan Kreatif di SMAS Laboratorium Undiksha,(2) kendala-kendala yang dihadapi guru pembina saat pelaksanaan pembinaan produksi cerpen pada ekstrakrikuler Penulisan Kreatif di SMAS Laboratorium Undiksha, (3) respons siswa terhadap pelaksanaan pembinaan produksi cerpen pada ekstrakurikuler Penulisan Kreatif di SMAS Laboratorium Undiksha. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif-kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru pembina ekstrakurikuler Penulisan Kreatif dan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler Penulisan Kreatif di SMAS Laboratorium Undiksha. Objek penelitian ini adalah strategi pembinaan produksi cerpen, kendala-kendala dalam pembinaan produksi cerpen, dan tanggapan siswa terhadap strategi pembinaan produksi cerpen pada ekstrakurikuler Penulisan Kreatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode angket, metode wawancara, metode dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) pembinaan ekstrakurikuler sudah sesuai dengan cara pembinaan ekstrakurikuler, selain itu guru pembina sudah menerapkan jenis-jenis pembinaan yakni Pembinaan Orientasi, Pembinaan Pengembangan Kepribadian, dan Pembinaan Kecakapan (2) kendala yang dihadapi guru pembina, yaitu kendala waktu pelaksanaan pembinaan, kendala dari siswa karna banyaknya tugas lain, belum berani mengambil tema baru, dan kurangnya minat siswa, dari fasilitas sekolah belum menyediakan buku-buku sastra dan ruangan khusus untuk membina, kendala lainnya belum terealisasi menerbitkan buku kumpulan cerpen karya siswa (3) respons siswa terhadap stategi guru dalam membina produksi cerpen pada eksrakurikuler Penulisan Kreatif adalah sangat positif (rata-rata respon sebesar 21,4).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembinaan, produksi cerpen, ekstrakurikuler Penulisan Kreatif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Luh Ayu Susemi Adiari
Date Deposited: 27 Jul 2020 07:24
Last Modified: 27 Jul 2020 07:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2413

Actions (login required)

View Item View Item