PENGEMBANGAN MEDIA WEBTOON DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD

Loka, Ni Putu Nita (2025) PENGEMBANGAN MEDIA WEBTOON DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111033003-COVER.pdf

Download (275kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111033003-ABSTRAK.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111033003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (352kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111033003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111033003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111033003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111033003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111033003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111033003-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan guna memberikan solusi dan memiliki tujuan mengembangkan sebuah media pembelajaran Webtoon dengan Model Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPAS Gaya di Sekitar Kita peserta didik kelas IV yang teruji secara valid, praktis, dan efektif. Studi ini dikembangkan dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Metode yang dimanfaatkan guna mendapatkan data pada studi ini meliputi wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik analisis nya berupa analisis kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian di dapatkan (1) rancang bangun pengembangan media Webtoon dengan Model Problem Based Learning berbantuan aplikasi IbisPaint (2) validitas media Webtoon dengan Model Problem Based Learning dengan uji ahli materi didapatkan hasil rata-rata 3,76 dan uji ahli media didapatkan hasil rata-rata 3,85 yang ke dua hasilnya dinyatakan sangat valid, (3) kepraktisan mendapatkan hasil persentase sebesar 96,1% dari angket respon pendidik dan 96,8% dari angket respon peserta didik yaitu kualifikasi sangat praktis, (4) efektivitas Webtoon dengan Model Problem Based Learning mengimplementasikan desain one group pre-test post-test memperoleh hasil menggunakan N-gain, diperoleh skor rata-rata peserta didik mencapai 89,5 dari skor maksimal 100, persentase ketuntasan 89,5%, sehingga Webtoon dengan Model Problem Based Learning efektif digunakan guna membantu peningkatan pada hasil belajar kognitif peserta didik. Sesuai dengan hasil tersebut, ditunjukkan bahwa Webtoon dengan Model Problem Based Learning teruji valid, praktis, dan efektif dalam peningkatan pada hasil belajar peserta didik kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: addie, media pembelajaran, Problem Based Learning, Webtoon
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Nita Loka
Date Deposited: 26 May 2025 00:39
Last Modified: 26 May 2025 00:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24259

Actions (login required)

View Item View Item