Prijanto, Jossapat (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, ENVIRONMENTAL, TECHNOLOGY, AND SOCIETY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENYELESAIAN MASALAH SOSIAL SISWA SMP DI KABUPATEN TANGERANG BANTEN. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2139011017-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2139011017-ABSTRAK.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139011017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (419kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139011017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (878kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139011017-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139011017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2139011017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139011017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2139011017-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Menganalisis penerapan model pembelajaran SETS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penyelesaian masalah sosial siswa pada SMP di kabupaten Tangerang, Banten, (2) Menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran SETS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada SMP di kabupaten Tangerang-Banten, (3) Menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran SETS terhadap kemampuan penyelesaian masalah sosial siswa pada SMP di kabupaten Tangerang Banten, dan (4) Menganalisis pengaruh simultan penerapan model pembelajaran SETS terhadap kemampuan berpikir kritis dan penyelesaian masalah sosial siswa pada SMP di kabupaten Tangerang Banten. Penelitian ini didesain sebagai quasi-experimental research dengan nonequivalent control group design. Penelitian ini berlokasi di kabupaten Banten dengan melibatkan tiga SMP, yaitu SMPN 1, SMPN 4, dan SMPN 5 Curug yang ditentukan menggunakan multistage sampling. Pengumpulan data menggunakan metode observasi untuk penerapan model pembelajaran SETS dan metode tes (essai) untuk data kemampuan berpikir kritis dan penyelesaian masalah sosial. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif, analisis inferensial (ANOVA dan MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran SETS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penyelesaian masalah sosial siswa pada SMP di kabupaten Tangerang Banten dapat diterapkan dengan kriteria sangat tinggi (87,50), (2) Penerapan model pembelajaran SETS berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada SMP di kabupaten Tangerang-Banten (Fhitung 191,886 > Ftabel 3,93), (3) Penerapan model pembelajaran SETS berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan Penyelesaian masalah sosial siswa pada SMP di kabupaten Tangerang Banten, dengan Fhitung sebesar 40,700 dan Ftabel sebesar 3,93 (Fhitung > Ftabel), dan (4) Penerapan model pembelajaran SETS berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan penyelesaian masalah sosial siswa pada SMP di kabupaten Tangerang Banten (Fhitung 104,931 > Ftabel 3,08). Jadi dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran SETS terbukti mampu meningkatkan dan berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan penyelesaian masalah sosial siswa dengan kategori sangat tinggi. Oleh karena itu, model pembelajaran SETS dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam meningkatkan kemampuan tersebut pada siswa di tingkat SMP.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis, Model Pembelajaran SETS, Penyelesaian masalah Sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Jossapat Hendra Prijanto |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 10:57 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 10:57 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24363 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |