Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 4 Singaraja dengan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Melalui Daring

Wati, I Gusti Ayu Agung Ngurah Diana (2020) Motivasi dan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 4 Singaraja dengan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Melalui Daring. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613031038-COVER.pdf

Download (510kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613031038-ABSTRAK.pdf

Download (194kB)
[img] Text (BAB 1)
1613031038-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (353kB)
[img] Text (BAB 2)
1613031038-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
1613031038-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
1613031038-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
1613031038-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613031038-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613031038-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menjelaskan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Singaraja dalam pembelajaran kimia dengan topik larutan penyangga melalui inkuri terbimbing secara online dalam suasana pandemik Covid-19. Penelitian merupakan penelitian korelasional antara motivasi dan hasil belajar. Sampel pada penelitian ini adalah 4 kelas XI MIA di SMA Negeri 4 Singaraja. Hasil penelitian yang diperoleh (1) Motivasi belajar siswa dominan tergolong tinggi (53%). (2) Hasil belajar siswa dominan tergolong sangat rendah (64%). (3) Uji korelasi spearman menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,042 yang tidak signifikan pada taraf signifikansi 0,05 pada uji dua arah. Temuan ini menunjukkan pengaruh postif motivasi belajar terhadap hasil belajar tidak serta merta terjadi. Kualitas sasaran proses dan hasil belajar dengan pendekatan saintifik dalam situasi belajar yang kurang mendukung, seperti siswa belum terbiasa menggunakan pendekatan saintifik, social distancing, dan keterbatasan dukungan sarana dan prasaran belajar untuk pembelajaran yang hanya melalui daring cenderung melemahkan kontribusi positif motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia khususnya topik larutan penyangga melalui inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar kimia, hasil belajar kimia, inkuiri terbimbing, belajar daring.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: I GUSTI AYU AGUNG NGURAH DIANA WATI
Date Deposited: 27 Jul 2020 01:53
Last Modified: 27 Jul 2020 01:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2438

Actions (login required)

View Item View Item