PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V DI GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Kurniawan, I Kadek (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS V DI GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031313-COVER.pdf

Download (432kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031313-ABSTRAK.pdf

Download (547kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031313-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031313-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031313-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031313-BAB 4 HASIL DAN PEMABAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031313-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031313-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031313-LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan siswa dalam memahami konsep dalam pembelajaran IPA terbilang rendah dan belum diketahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap pemahaman konsep IPA. Tujuan penelitian ini, adalah untuk mengetahaui pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL berbantuan media audio visual terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan Eksperimen Semu dengan desain penelitian Non-equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus VIII Kecamatan Buleleng yang berjumlah 129 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik simple random dan hasilnya 81 siswa sebagai sampel. Data kemampuan pemahaman konsep IPA dikumpulkan menggunakan instrumen tes berbentuk soal objektif (pilihan ganda). Data yang diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (Uji-t). Berdasarkan perhitungan Uji-t diperoleh data thitung = 2,087 > ttabel = 2,00 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 79. Hal ini berarti Hal ini berarti, terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep IPA antara kelompok eksperimen dan control. Jadi, dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan model PBL berbantuan media audio visual terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD. Implikasi penggunaan model PBL berbantuan media audio visual, yaitu siswa menjadi aktif dalam mengikuti pembelajaran. Pembelajaran PBL yang mengacu pada permasalahan membuat siswa menjadi terlatih dalam memahami sebuah konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Audio Visual, Pemahaman Konsep IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Kadek Kurniawan
Date Deposited: 27 Jul 2020 09:55
Last Modified: 27 Jul 2020 09:55
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2453

Actions (login required)

View Item View Item