PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS V DI GUGUS V KECAMATAN SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Intania, Ketut Risa (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS V DI GUGUS V KECAMATAN SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031109-COVER.pdf

Download (765kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031109-ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031109-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (357kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031109-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031109-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031109-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031109-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031109-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031109-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS di kelas V SD menjadi permasalahan yang perlu perhatian. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya variasi model pembelajaran dan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas V di Gugus V Kecamatan Seririt. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan jenis Nonequivalent Post-test Only Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 41 siswa. Data dikumpulkan melalui tes objektif dan dianalisis dengan uji-t menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, yang berarti hipotesis alternatif diterima. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan Mind Mapping berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya penerapan model pembelajaran yang inovatif dan berbasis visual untuk meningkatkan keterlibatan aktif siswa dan hasil belajar secara lebih efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Learning Cycle 5E, Mind Mapping, Hasil Belajar, IPAS, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ketut Risa Intania
Date Deposited: 23 Jun 2025 02:38
Last Modified: 23 Jun 2025 02:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24637

Actions (login required)

View Item View Item