Intania, Ketut Risa (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA KELAS V DI GUGUS V KECAMATAN SERIRIT TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031109-COVER.pdf Download (765kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031109-ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031109-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031109-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031109-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031109-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031109-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031109-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031109-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS di kelas V SD menjadi permasalahan yang perlu perhatian. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya variasi model pembelajaran dan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas V di Gugus V Kecamatan Seririt. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan jenis Nonequivalent Post-test Only Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 41 siswa. Data dikumpulkan melalui tes objektif dan dianalisis dengan uji-t menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, yang berarti hipotesis alternatif diterima. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan Mind Mapping berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya penerapan model pembelajaran yang inovatif dan berbasis visual untuk meningkatkan keterlibatan aktif siswa dan hasil belajar secara lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Cycle 5E, Mind Mapping, Hasil Belajar, IPAS, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ketut Risa Intania |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 02:38 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 02:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24637 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |