Pratama, Anak Agung Oka (2025) PENGARUH MODEL GAME-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAME DIGITAL GEOMETRY DASH TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS III SD GUGUS KOMPYANG SUJANA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2111031124-COVER.pdf Download (924kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031124-ABSTRAK.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031124-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031124-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031124-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031124-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031124-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031124-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031124-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Game-Based Learning berbantuan media game digital Geometry Dash terhadap kemampuan numerasi siswa kelas III di Gugus Kompyang Sujana Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design, yang melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di Gugus Kompyang Sujana yang berjumlah 413 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling melalui dua tahap pengundian. Tahap pertama menghasilkan dua kelas terpilih: kelas IIIB SD Negeri 8 Peguyangan dan kelas III SD Negeri 4 Peguyangan. Pada tahap kedua, kelas IIIB SD Negeri 8 Peguyangan ditetapkan sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan menggunakan model Game-Based Learning berbantuan Geometry Dash, sedangkan kelas III SD Negeri 4 Peguyangan sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan metode konvensional. Kedua kelompok mendapatkan perlakuan selama enam kali pertemuan. Data kemampuan numerasi siswa diperoleh melalui instrumen tes objektif berbentuk pilihan ganda dan dianalisis menggunakan uji-t setelah memenuhi prasyarat uji normalitas dan homogenitas. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai t-hitung sebesar 5,402 dan t-tabel sebesar 1,996 pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 66. Karena t-hitung lebih besar dari t-tabel, maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan numerasi antara kelompok yang dibelajarkan dengan model Game-Based Learning berbantuan Geometry Dash dan kelompok yang tidak. Dengan demikian, model pembelajaran ini terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan numerasi siswa kelas III di Gugus Kompyang Sujana Denpasar Utara Tahun Ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Game-based learning, Geometry Dash, Kemampuan Numerasi Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Anak Agung Oka Pratama |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 06:26 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 06:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/24688 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |